Sudah Benarkah Cara Pakai Masker Anda?.

Sudah benarkah cara pakai masker anda?. Adanya wabah corona sekarang ini, menjadikan masyarakat mulai mengindahkan cara pencegahan agar tidak tertular virus corona. Dimana salah satu caranya adalah dengan menggunakan masker wajah. Masker ini banyak dijual di toko-toko minimarket disekitar lingkungan kita, diantaranya adalah di in*****et atau al****rt.

Sekarang ini saya tidak akan membahas mengenai virus corona atau perkembangan penyebarannya di dunia, namun saya akan membahas mengenai cara pakai masker yang benar. karena sering dalam perjalanan berangkat dan pulang kerja saat berada di dalam kereta atau KRL, saya jumpai beberapa penumpang yang kurang memperhatikan cara penggunaannya.

Yang paling banyak saya temui adalah terbaliknya saat menggunakan masker. Sisi bagian dalam ditempatkan pada bagian luar sehingga kurang efektif pemanfaatan dari masker tersebut.

Sebagaimana diketahui bahwa fungsi utama dari masker adalah untuk melindungi penggunanya dari virus, bakteri, debu, bahan kimia, dan bau tak sedap. Lalu bagaimana bisa masker tersebut melindungi kita jika pemakaiannya kurang tepat?.

Biasanya masker terdiri dari beberapa lapisan. namun kali ini saya membahas masker yang terdiri dari 3 lapisan, yaitu:

  1. lapisan luar, lapisan ini adalah lapisan tahan air (waterproof) dan biasanya berwarna hijau atau biru.
  2. lapisan antara, berupa serat khusus yang berfungsi untuk menangkap mikropartikel.
  3. lapisan dalam, berwarna putih dan berfungsi untuk menyerap bersin atau batuk kita. lapisan inilah yang berkontak langsung dengan bagian mulut kita.

Yang perlu diperhatikan adalah, sebenarnya penggunaan masker lebih tepat digunakan oleh orang yang sedang mengalami flu (batuk, pilek), tujuannya jelas yaitu agar tidak menyebarkan sakit yang sedang dideritanya ke orang lain disekitarnya. namun kadang-kadang justru terbalik, karena kurang sadarnya atau kurang pedulinya, justru orang yang sakit tidak menggunakan masker, tetapi orang yang sehat malah memakai masker untuk melindungi dirinya.

Berikut adalah cara pakai masker yang benar:

  1. Pastikan tangan kita sudah steril. dengan mencucinya menggunakan sabun dan air yang mengalir ataupun memanfaatkan hand sanitizer yang banyak dijual dipasaran.
  2. Perhatikan lapisan masker. Posisikan lapisan bagian dalam yang berwarna putih kontak dengan mulut kita.
  3. Untuk masker karet, Kaitkan tali karet ke kedua telinga kita. Atau, Untuk masker tali, posisikan terlebih dahulu penyangga hidung (nose bar) di atas hidung kita lalu ikatkan tali atas kebelang kepala diatas telinga kita. Selanjutnya tarik masker kebawah menutupi mulut sampai dagu kemudian ikatkan tali bawah kebelakang leher kita.
  4. Tekan nose bar pada bagian atas masker menyesuaikan dengan bentuk hidung kita agar nyaman digunakan. Usahakan seminim mungkin ada rongga diantara masker dan muka kita.

Ingat, bahwa masker ini adalah masker sekali pakai. Apabila sudah terpasang, jangan sering-sering menyentuhnya. untuk menghindari virus kontak dengan jari jemari kita.

Dan untuk melepasnya, tahapnya adalah:

  1. Sterilkan tangan dengan mencucinya menggunakan sabun dan air yang mengalir atau menggunakan hand sanitizer.
  2. Untuk masker karet, lepaskan kaitan dari kedua telinga kita. lalu buang masker ke tempat sampah. Dan untuk masker tali, lepaskan dulu ikatan tali bawah baru kemudian lepaskan ikatan tali atas. setelah itu buang masker ke tempat sampah.
  3. Sterilkan sekali lagi tangan dengan mencucinya kembali.

Akhirnya, sebaiknya kita selalu mengingat akan pepatah “mencegah adalah lebih baik daripada mengobati”. Salam.

Leave a Comment