Bisnis Offline atau Bisnis Online?.. Mana Yang Anda Pilih.

Bisnis Offline atau Bisnis Online?. Beberapa kali saya temui orang-orang yang memiliki pandangan bahwa kalau mau menghasilkan uang yang real ya harus memiliki usaha/bisnis yang real juga. Menurut saya, pandangan tersebut ada benarnya namun ada juga kurang tepatnya. Diantara benarnya adalah untuk menghasilkan uang, kita memang harus bekerja (berusaha) dan usaha tersebut harus keras. ada pemeo yang menyatakan bahwa usaha yang keras adalah berbanding lurus dengan hasil yang maksimal. Namun, bagaimana dengan orang yang sudah berusaha siang malam, mingguan, bulanan, tahunan lamanya, tapi hasil yang diperoleh ternyata tidak sesuai dengan harapannya. Kira-kira apa yang salah?.. dan sebaliknya, ada orang yang hanya bekerja/ berusaha ala kadarnya namun dia bisa menghasilkan materi yang melimpah. Kira-kira kenapa bisa begitu?.. Sementara, jangan bicara masalah takdir dulu. Karena orang bijak menyebutkan bahwa “apabila kita lahir miskin, maka itu bukan salah kita. Namun apabila kita meninggal dalam keadaan miskin, maka itu karena kebodohan kita.”

Menurut saya pribadi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka tidak hanya dilakukan dengan kerja keras saja, namun juga perlu diimbangi dengan kerja cerdas. contoh ringan dari orang yang bekerja dengan kerja keras adalah orang yang berjualan air bersih dengan cara konvensional, yaitu dengan mengambil air sumber dengan wadah tertentu dan kemudian menyampaikannya ke konsumen sejauh apapun dan sebanyak apapun dengan cara dibawa dengan tangan atau dipikul.

Sedangkan orang yang berjualan air bersih dengan kerja cerdas adalah orang yang memiliki visi kedepan dan memiliki rencana jangka panjang dengan membuat saluran/pipa dari air sumber ke masing-masing pelanggan. Eh, malah bahas kemana-mana. tapi apakah anda setuju dengan pandangan ini, atau berbeda pendapat. Silahkan tuliskan pandangan anda di kolom komentar dibawah.

Jika Punya Bisnis Offline Kenapa Ngga di Online kan Sekalian?..

asfaroni.com

Lalu, apakah selama ini kita yang memiliki usaha telah bekerja dengan keras atau bekerja cerdas?.. Jadi Pilih mana. Bisnis Offline atau Bisnis Online?. Ada baiknya anda pertimbangkan saran saya sesuai dengan quote dari artikel ini. Ya, apabila anda punya bisnis offline, kenapa ngga di online kan sekalian?.. maksudnya online disini adalah, anda memiliki blog/website yang berisi usaha milik anda. Karena memiliki bisnis secara online, memiliki banyak keuntungan.

Keuntungan memiliki bisnis yang dijalankan secara online, diantaranya adalah:

  1. Membangun citra diri atau brand perusahaan menjadi lebih kuat. Dengan memiliki website, maka kredibilitas dan profesionalime usaha anda setidaknya akan meningkat di mata konsumen ataupun calon konsumen anda. Pernahkah anda ditanya calon konsumen anda, “apakah usaha bapak ada website nya yang bisa kami kunjungi?..” atau “minta alamat emailnya dong pak.” Nah, bayangkan jika anda mengabaikan bisnis secara online ini. setidaknya, usaha anda akan dianggap kurang profesional. dan tentunya ini akan merugikan anda kedepannya.
  2. Meningkatkan daya saing perusahaan. Tentunya, web milik anda harus diimbangi dengan fitur-fitur yang lebih baik dari kompetitor. Setidaknya, update terus dilakukan dan memiliki tampilan web yang eye catching menarik minat orang untuk mengunjunginya.
  3. Memudahkan informasi dari anda diketahui oleh konsumen. misal saat anda me-launching produk baru, maka produk baru tersebut bisa anda tampilkan pada web perusahaan. dan jangan lupa, yang bisa melihat produk anda tidak hanya bersifat lokal melainkan global.
  4. Membangun komunikasi dengan pelanggan. Pada website anda bisa anda lengkapi fiturnya dengan no. telp, alamat email yang bisa dihubungi atau layanan chat yang memudahkan pelanggan berkomunikasi dengan anda. Layanan ini efeknya cukup besar karena pelanggan merasa aman berbisnis dengan anda karena anda bisa dihubungi dan diajak komunikasi.
  5. Nilai investasi yang minimalis. untuk promosi, anda tidak perlu menyebar brosur atau pamflet yang akan menguras sumber daya anda. dengan online, anda bisa memanfaatkan email massal yang jangkaunnya lebih luas dan tertarget. anda juga tidak memerlukan pekerja yang banyak. Anda juga bisa lebih hemat dalam hal sewa gedung, listrik bulanan, dan pengeluaran lainnya. dan pastinya dengan berbisnis secara online ini, usaha anda senantiasa mengikuti zaman alias tidak out of date.

Penutup

Itulah alasan-alasan yang dapat diterima, mengapa usaha kita sebaiknya tidak hanya bersifat offline, namun juga harus kita upayakan secara online. Perlu difikirkan, kira-kira apa saja peluang bisnis online terbaru yang bisa kita handle. Mungkin diluar apa yang telah saya uraikan di atas, ada tambahan dari para pembaca. bisa ditambahkan di kolom komentar. Terimakasih. salam sukses.

Leave a Comment