Belajar dari Sifat Lebah Yuk! Biar Lebih Bijak

Belajar dari Sifat Lebah. Mengapa lebah?.. Mengapa tidak semut atau laba-laba?.. karena dibandingkan dengan dua binatang yang disebutkan diakhir, lebah memiliki nilai lebih yang tidak dimiliki keduanya. Tentu yang dimaksudkan disini adalah sifat atau karakternya. Ya, lebah adalah serangga yang memiliki tiga pasang kaki dan dua pasang sayap. dimana dia membuat sarangnya diatas bukit, di pohon kayu, bahkan juga ada diatas plafon rumah kita. lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari.

Namun, bukan itu yang ingin saya bahas kali ini. Yang akan saya bahas adalah mengenai makna hidup. Ya, makna hidup dari seekor lebah. Pernahkah anda mendengar petuah/nasehat dari orang-orang tua kita, yaitu “Hiduplah seperti lebah“. Mengapa orang-orang tua kita mengharapkan kita memiliki sifat seperti lebah?. ternyata ada alasan-alasan tertentu disebaliknya, yaitu:

sifat/Karakter dari Lebah

  1. Lebah suka hinggap ditempat yang bersih dan menyerap sesuatu yang bersih pula. Seperti bunga, buah-buahan ataupun tempat lainnya yang merupakan sumber makanan dari lebah yaitu nektar atau sari bunga. Hal ini berbeda dengan sifat dari lalat, dimana lalat suka hinggap ditempat-tempat yang kotor seperti sampah, maupun tempat yang menjijikkan lainnya. Maknanya adalah dimanapun kita berada, carilah rezeki yang bersih atau halal lagi baik. dan senantiasa bersyukur atas nikmat apapun dan berapapun yang diberikan oleh Allah SWT. Jika diberikan amanah maka ia akan menjaga amanah tersebut dengan sebaik-baiknya dan tidak akan melakukan khianat, seperti: melakukan korupsi, kolusi, manipulasi data, berdusta maupun perilaku busuk lainnya.
  2. Lebah mengeluarkan sesuatu yang bersih, yaitu madu. Sebagaimana kita ketahui bahwa madu memiliki banyak khasiat untuk kebaikan/kesehatan manusia. Maknanya adalah sebagai makhluk sosial maka kita harus bisa memberikan manfaat kepada manusia lain dan sekelilingnya. segala yang keluar dari kita adalah kebaikan seperti hati yang bersih dan ucapan yang terjaga.
  3. Lebah tidak pernah merusak atau mematahkan ranting yang dihinggapinya. Maknanya adalah kita tidak dibenarkan melakukan perusakan terhadap apapun itu baik yang sifatnya fisik ataupun non fisik. contoh kecilnya adalah kita akan selalu menjaga milik kita pribadi ataupun fasilitas umum yang ada disekitar kita. ikut aktif dalam memperbaiki dan menjaga akhlak/moral saudara-saudara kita. Jika tidak mampu dengan tindakan, maka dengan ucapan, jika tidak mampu juga maka dengan mendo’akan.
  4. Lebah tidak akan mengganggu kecuali diganggu lebih dulu. dia tidak akan menyerang kecuali jika dan hanya jika merasa terganggu dan terancam. Maknanya adalah Kita seharusnya senantiasa bersikap damai dengan siapapun. kita tidak pernah mencari musuh, namun apabila datang musuh maka kita tidak akan lari, kita akan mempertahankan diri dan menghadapinya karena kita berada dijalan yang benar.

Penutup

Demikianlah mengapa sebaiknya kita belajar dari sifat lebah, yang wajib kita tiru dan amalkan agar kehidupan kita menjadi lebih bijak dan memiliki manfaat bagi orang lain dan lingkungan sekitar kita. Salam.

Leave a Comment